Posted by : Dian Apriyani Selasa, 07 Mei 2013

Jerawat? yaa jerawat memang menjadi momok di setiap perempuan*caelah.... kenapa aku posting tentang jerawat kali ini, mau share aja ke teman-teman tentang jerawat (yaaah padahal memang lagi timbul banyak jerawat di wajah -___- oooh nooo)
 
Yaaah,,, karena jerawat itulah, aku cari2 artikel tentang jerawat, nah aku dapet nih artikel tentang jerawat menurut akuu sih... Semoga Bermanfaat :)
 


Jerawat atau yang biasa disebut dalam istilah medis sebagai: acne vulgaris merupakan penyakit kulit yang umum terjadi dan mempengaruhi 85-100% orang pada suatu saat selama hidupnya. Jerawat mempengaruhi daerah kulit yang mempunyai banyak kelenjar minyak seperti wajah, dada bagian atas, dan punggung. Jerawat umumnya paling banyak muncul pada masa pubertas/remaja, dan sering berlanjut hingga dewasa. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap mengenai tips cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami yang mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Bagi remaja, jerawat ini biasanya dipicu oleh meningkatnya hormon, yang jumlahnya bertambah pada laki-laki dan perempuan selama masa pubertas. Pada kebanyakan orang, jerawat akan berkurang dari waktu ke waktu dan cenderung menghilang atau minimal sedikit berkurang setelah mencapai usia awal dua puluhan. Namun demikian, tidak ada cara untuk memperkirakan kapan jerawat bisa menyingkir sepenuhnya. Beberapa orang mungkin membawa kondisi ini hingga usia 30-an,40-an, dan seterusnya.
 
Jerawat dikenali dengan adanya bintil-bintil atau tonjolan lemak pada permukaan kulit, komedo hitam atau putih. Muncul terutama pada wajah, leher, dada, punggung, atau bagian lengan atas tubuh kita. Sebenarnya jarang ditemukan jerawat pada area tubuh lainnya, walau tidak menutup kemungkinan juga. Dalam pembentukannya, jerawat bisa bermacam-macam, mulai dari sangat ringan hingga sangat parah.

1. Apa penyebab munculnya jerawat?
2. Bagaimana proses terbentuknya jerawat?
3. Bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami?
4. Bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat dengan metode alami?
5. Menjaga kebersihan kulit untuk menghindari jerawat

1. Penyebab munculnya jerawat
Penyebab jerawat masih belum diketahui secara pasti, tetapi para dokter memiliki keyakinan bahwa jerawat adalah hasil dari banyak faktor yang saling terkait. Diketahui ada 4 faktor yang berperan dalam timbulnya jerawat, yakni produksi minyak yang berlebih(sebum), pengelupasan sel kulit mati yang tidak teratur sehingga dapat mengiritasi folikel di kulit, adanya bakteri dan peradangan atau inflamasi.
Salah satu faktor penting tersebut adalah meningkatnya jumlah hormon. Hormon ini dinamakan hormon androgen, yang jumlahnya meningkat pada anak-anak lelaki maupun perempuan selama masa puber dan bisa menyebabkan kelenjar keringat membesar serta memproduksi lebih banyak keringat.

Adapun penyebab lainnya bisa dikarenakan kontak langsung dengan produk untuk rambut atau kosmetik yang mengandung minyak, riwayat keluarga berjerawat dimana jika orang tua berjerawat maka anak mungkin akan berjerawat juga; serta bisa diakibatkan karena adanya gesekan atau tekanan pada kulit disebabkan hal tertentu seperti telepon selular, helm, kerah baju yang ketat, dan ransel. Penggunaan pil kB dan stress juga dapat memperbesar kemungkinan jerawat dikemudian hari.

Menggosok kulit terlalu keras atau membersihkan kulit dengan sabun atau bahan kimia yang berpotensi mengiritasi kulit dapat membuat jerawat bertambah parah. Jika anda wanita dan tiba-tiba terserang jerawat saat dewasa, anda mungkin perlu memeriksa perlengkapan kosmetik yang anda gunakan, termasuk pembersih dan pelembab kulit, dan produk-produk perawatan rambut. Beberapa produk tertentu, terutama yang berbahan dasar minyak, bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan dampak di dalam folikel. Dokter ahli kulit mungkin meyarankan anda untuk menghindari produk-produk yang mengandung minyak, dan menyarankan anda untuk menggunakan kosmetik yang berlabel "Noncomedegonic". Namun demikian, anda tetap harus berhati-hati sebab produk-produk noncomedogenic jugabisa memicu reaksi jerawat pada orang dengan kulit sensitif. Berbagai kosmetik, karena campuran bahan kimia di dalamnya, memiliki kaitan langsung terhadap timbulnya jerawat. Bahkan faktanya, jerawat kosmetika, atau jerawat yang disebabkan oleh produk kosmetik adalah bentuk jerawat ringan yang umum. Karena munculnya disebabkan oleh zat kimia dari luar, maka jerawat kosmetik relatif mudah untuk dihilangkan dengan menghentikan penggunaan kosmetik yang memicu munculnya jerawat, maka jerawat akan hilang dengan sendirinya.


2. Proses terbentuknya jerawat
Jerawat terjadi ketika lubang kecil di permukaan kulit yang disebut pori-pori tersumbat. Tiap pori merupakan pembuka kanal yang disebut folikel. Di dalam folikel terdapat rambut dan kelenjar minyak. Secara normal, kelenjar minyak membantu melumasi kulit dan menyingkirkan sel kulit mati.
Namun ketika kelenjar tersebut menghasilkan minyak yang berlebihan, pori-pori menjadi tersumbat oleh penumpukan kotoran dan bakteri. Penyumbatan ini disebut komedo.
Permukaan sumbatan dapat berwarna putih (disebut whiteheads) atau gelap (disebut blackheads). Whiteheads berupa pori yang tersumbat yang tidak mempunyai bukaan, sementara blackheads berupa pori yang terbuka dan mempunyai permukaan gelap. Jika pecah, maka isi yang terkandung di dalamnya termasuk minyak dan bakteri dapat menyebar ke sekeliling dan menyebabkan peradangan (inflamasi). Jika peradangan terjadi jauh di dalam kulit, jerawat dapat membesar dan mengeras serta terasa sakit yang disebut kista (bentuknya bernanah, dan menyakitkan).

3. Tips dan cara menghilangkan jerawat secara alami
Tidak ada obat permanen untuk jerawat. Olahraga yang baik, kebiasaan mengontrol makanan dan tindakan perawatan kulit wajah yang higenis akan meringankan jerawat. Untuk jerawat yang ringan sampai sedang, pengobatan dirumah mungkin cukup. Tetapi jika jerawat anda parah atau mengkhawatirkan, maka disarankan untuk meminta pertolongan dokter. Jerawat yang parah bisa menyebabkan bekas pada kulit dan itu bisa bertahan lama atau bahkan selamanya. Jadi, segera obati jerawat anda dan jangan membiarkannya.

Metode menghilangkan jerawat secara alami jika dihubungkan dengan efek jangka panjang dan tingkat kesukarannya akan lebih aman dibandingkan dengan formula kimia. Dengan menggunakan metode alami atau herbal, berarti anda menggunakan produk-produk berbahan tanaman yang menyehatkan bagi kulit. Pada tips ngilangin jerawat kali ini, kita akan melihat beberapa daftar ramuan alami yang cukup manjur untuk mengobati jerawat:
  • Sebagai resep yang paling sederhana namun teruji, cobalah balurkan parutan mentimun pada area yang terkena jerawat. Mentimun adalah bagan pendingin alami; ini akan mengurangi rasa panas di wajah dan membantu menghilangkannya dengan cepat. Kemudian kenakan adonan tomat segar pada area yang terkena jerawat. Lakukan secara rutin tiga kali sehari.
  • Campurkan madu, putih telur, dan jus lemon serta sedikit tanah liat untuk membuat pasta yang lebih halus. Pasta ini harus dibalurkan ke seluruh permukaan kulit dan dibilas setelah 20 menit.
  • Kuning telur dikenal sebagai produk alami yang baik untuk membantu menghilangkan kilau berminyak pada kulit. Balurkan kuning telur pada area berjerawat dan biarkan bereaksi selama kira-kira 15 menit. Kemudian dibilas dengan air sampai bersih.
  • Bubur pepaya mentah membantu menghilangkan kulit mati dan sebagai facial alami untuk membantu membersihkan kulit dan membuka pori-pori.
  • Gosoklah area kulit yang terkena jerawat dengan beberapa siung bawang putih beberapa kali setiap hari. Namun mungkin baunya cukup menyengat.
4. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan metode alami
Bekas jerawat terjadi karena adanya kehilangan jaringan sel, sebagaimana parut bekas yang terjadi akibat cacar air. Parut adalah hasil proses penyembuhan dimana kolagen (protein yang menjaga agar kulit halus) baru terbentuk untuk memperbaiki luka. Pada sebagian besar kasus, jerawat bisa meninggalkan bekas pada wajah sehingga dapat menggangu penampilan. Butuh waktu lama untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut, bahkan untuk beberapa kasus bekas jerawat tersebut tidak pernah bisa hilang. Oleh karena itu bagi sebagian orang, bekas jerawat sama bermasalahnya dengan jerawat itu sendiri.
Anda bisa pergi ke apotek atau toko obat untuk mencari obat atau krim yang dapat menghilangkan bekas jerawat. Namun perlu diingat jika bekas jerawat yang dialami cukup parah sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit atau ahli kecantikan kulit. Hal ini dilakukan agar wajah tidak semakin menderita dan rusak karena salah penanganan.
Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami lewat tumbuhan yang mudah anda temukan:
  • Irisan lidah buaya adalah vitamin yang terkandung pada sari lidah buaya yang dapat melembabkan, menghapus noda jerawat serta mengurangi efek peradangan di kulit.
  • Irisan jeruk lemon / jeruk nipis:Sari jeruk lemon atau jeruk nipis dapat menyamarkan bekas noda jerawat dan menghapusnya secara perlahan. Efek bleaching/pemutihan alami memang sudah terkandung dalam sari jeruk tersebut.
  • Ketimun
    Buah yang satu ini sudah terkenal dan seringkali dipercaya bisa menghilangkan noda bekas jerawat dengan mudah. Manfaat astringentya melembabkan kulit dan membuat kulit wajah lebih kenyal dari biasanya.
  • Cuka Apel
    Selain diminum, cuka apel juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat. Alkohol dan vitamin yang terkandung di dalamnya bisa mencegah peradangan, sekaligus menyamarkan noda.
  • Kunyit
    Kunyit merupakan rempah-rempah yang termasuk dalam keluarga jahe-jahean. Kunyit telah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai ramuan obat alami. Di India, kunit menjadi unsur penting dalam pengobatan tradisional yang disebut Ayurveda. Wanita India banyak menggunakan kunyit untuk mengobati jerawat.
5. Kebersihan kulit dan hindari kebiasaan menyentuh jerawat
Langkah pertama yang harus diambil saat terkena jerawat adalah dengan menjaga diri tetap bersih. Kulit yang bersih mencegah bakteri dari menginfeksi bercak-bercak jerawat dan juga mengurangi minyak berlebih. Membersihkan kulit dengan pencuci muka bisa membantu menghilangkan kotoran serta sel-sel mati. Sebagian besar orang percaya bahwa dengan sering menggosok area yang terinfeksi jerawat akan mencegah penyebaran jerawat, padahal sebenarnya gosokan tersebut menyebabkan iritasi pada lesi jerawat dan akan mengeringkan kulit, memperparah jerawat. Selalu gunakan pembersih ringan yang mampu menjaga keseimbangan pH pada kulit anda.
Langkah selanjutnya adalah memperbanyak minum air. Disarankan setidaknya kita minum 8 gelas setiap hari. Hal ini akan membantu menghilangkan ampas dari tubuh melalui urine dan keringat. Pastikan anda juga berolahraga, karena olahraga memiliki peran besar dalam mengendalikan tumbuhnya jerawat. Olahraga meningkatkan kesehatan dan pelepasan endorphin di dalam tubuh sehingga mengurangi stress, dimana stress berkaitan dengan masalah jerawat. Tetapi ingat untuk selalu membersihkan keringat dengan benar, karena keringat meningkatkan pertumbuhan bakteri dan pada akhirnya menyumbat folikel sehingga memperparah jerawat. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? ;) Dari sekarang kita bisa mencoba untuk memulai gaya hidup baru yang sehat dan benar demi menjaga kesehatan tubuh kita secara umum dan menjaga keindahan penampilan tubuh kita tentunya.

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Info yang sangat bermanfaat, Kebetulan saya ada tetangga yang jerawatan dan lagi nyari tips ini jadi saya mau kasi dia ini triks supaya dia PD keluar rumah lagi and katany mau ngasi tip kalau dapet yang bisa sekalian cara ngilanginnya, thanks ya....

    Lagian masa dari sekian banyak tips gini gak bakal manjur? pasti ada yang manjur dong ya... suruh coba semuanya aja ah...

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Himawari - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -